SHARE

Istimewa

SEMANGAT45.CO – Bagi orang dewasa apalagi orang tua untuk merawat ingatan merupakan suatu hal yang bisa dikatakan sulit. Hal ini sangat berbeda saat masih anak-anak yang dengan mudahnya merawat ingatan.

Namun, ada sebuah temuan menarik dan patut untuk dicoba.  Peneliti dari Universitas of Waterloo di Kanada  yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Memory mengungkapkan ada cara termudah untuk memperbaiki ingatan. Dengan membaca secara seksama ternyata dapat meningkatkan kemampuan mengingat sebanyak 15 persen.

Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut menggunakan empat metode untuk mempelajari informasi tertulis. Sampel yang digunakan sebanyak 95 peserta.

Metode yang pertama peserta diminta untuk membaca tanpa suara, kedua  mendengar orang lain membaca, ketiga membaca dengan suara keras, dan ke empat mendengarkan rekaman pembacaan diri.

Dari empat metode tersebut peserta yang membaca informasi dengan suara keras menunjukkan tingkat retensi terbaik dengan kenaikan kecepatan belajar lima sampai 15 persen. 

“Ucapkan informasi yang ingin Anda ingat dengan lantang dan Anda akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mengingatnya. Ya, sesederhana itu!” ujar psikolog dan rekan penulis studi Colin MacLeod, seperti dilansir Reader's Digest.

Para ilmu yang terlibat dalam penelitian tersebut mengungkapkan bahwa efek kombinasi bicara dan pendengaran sendiri adalah kunci untuk memberi ingatan dan dorongan.  Ini disebut "efek produksi," membacakan dengan keras memungkinkan otak kita menyimpan informasi itu dalam ingatan jangka panjang kita.

Belajar lima persen lebih banyak informasi tidak menjamin membawa perubahan besar terhadap kemampuan mengingat. Tapi dibandingkan dengan keanggotaan gym yang mahal atau tumpukan teka-teki silang, sangat sederhana dan murah dengan hanya membuka mulut dan omongan Anda untuk meningkatkan kemampuan mengingat.

Bagi Anda yang merasa sulit, silahkan menggunakan metode tersebut. Semoga bisa meningkatkan dan memperbaiki daya ingat Anda. Selamat mencoba.

Tags
SHARE